Saturday, September 4, 2010

Fitur Baru Blogger Statistik (Stats) di Blogger Draft




 Akirnya versi beta blogger statistik (stats) rampung juga. Setelah beberapa lama nongkrong di blogger draft kini Fitur Baru Blogger Statistik (Stats) nangkring ke dasbor blogger.com anda. Anda hanya tinggal mengklik menu statistik pada dasbor blogger anda. Dengan ini, pengguna blogger tidak perlu lagi membuka blogger in draft, analytics, atau stats counter lagi karena sudah bisa langsung di akses di blogger.com. Walaupun tetap masih banyak kekurangan tapi saya rasa ini sudah lebih dari cukup.


Walaupun anda pasti sudah tahu fitur-fitur dari Blogger Statistik (Stats) melalui blog lain, tidak ada salahnya bukan kalau saya membahasnya kembali.






1. Blogger Statistik Overview
Fitur ini mempermudah kita mengetahui data statistik kunjungan secara global. Selain itu akan mengetahui keyword apa yang di gunakan pengunjung untuk sampai ke blog anda. Selain tiu kita dapat mengetahui data statistik berdasarkan waktu. Bisa dalam hari, minggu, bulan, dan juga waktu secara keseluruhan.

2. Blogger Statistik Post
Dalam fitur ini anda dapat mengetahui artikel mana yang paling banyak diminati dan di baca oleh pengunjung. Sehingga anda dapat memilih artikel seperti apa yang harus anda berikan kepada pengunjung.

3. Blogger Statistik Traffic Sources
Disini, semua data tentang sumber traffic blog anda tercatat dan di tampilkan dalam tiga bagian. Yakni melalui : referring URLs ,Refering Sites, dan Search keyword.

4. Blogger Statistik Audience
Dengan fitur ini anda dapat mengetahui secara gambling dan jelas dari negara mana saja pengunjung anda berasal, browser yang digunakan untuk mengakses blog anda, dan lain sebagainya. Kaya Mister Belog nie,,, ad yang dari canada, dari amerika am germany juga ad... tentu saja dari Indonesia paling banyak....

Di balik itu semua, tetap saja masih ada yang terasa kurang karena fitur baru ini tidak menampilkan jumlah pengunjung yang datang ke blog anda layaknya fitur yang ada di widget sitemeter atau whos among us. Selain itu bagi para mobile blogger (terutama bagi blogger yang mengandalkan browser ponsel opera mini sebagai senjatanya) sepertinya harus gigit jari karena fitur ini tidak dapat di akses menggunakan browser opera mini (selain fitur Blogger Statistik Overview). Dan yang lebih gawatnya lagi sepertinya pihak blogger.com juga tidak akan perduli dengan hal ini Karena dari dulu blogger.com tidak pernah ramah dengan pengguna ponsel.



Copyright by rizsamarunara

No comments:

Post a Comment