Wednesday, September 1, 2010

Pengaruh Kebersihan Lingkungan terhadap Kualitas Belajar di Sekolah

OM Swastyastu,
yang terhormat Ibu wali kelas,
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai,
Salam sejahtera,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas berkat dan karunia-Nyalah kita dapat berkumpul dipagi hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato mengenai pengaruh kebersihan lingkungan terhadap kualitas belajar di Sekolah.
Hadirin yang saya hormati,
Sekolah merupakan lembaga tempat dimana terjadi proses sosialisasi yang kedua setelah keluarga, sehingga mempengaruhi pribadi anak dan perkembangan sosialnya. Lingkungan Sekolah yang baik adalah lingkungan Sekolah yang bersih, lestari, dan indah. Lingkungan seperti itu sangat dibutuhkan demi kenyamanan proses belajar mengajar di Sekolah sehingga tercipta kualitas belajar yang baik.
Agar terciptanya lingkungan yang nyaman maka kita harus menjaga lingkungan tersebut dari kerusakan, sebab lingkungan yang rusak hanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kelangsungan semua aktivitas khusunya aktivitas belajar.
Hadirin yang berbahagia,
Bisa kita bayangkan bagaimana suasana belajar yang dirasakan apabila lingkungan tempat kita menuntut ilmu yaitu lingkungan Sekolah tidak terjaga kebersihannya. Para siswa tidak akan mungkin bisa berkonsentrasi apabila belajar di lingkungan yang kurang nyaman, hal tersebut hanya akan menurunkan kualitas belajar siswa. 
Namun sebaliknya, apabila kenyamanan lingkungan Sekolah itu terjaga, maka akan tercipta suasana belajar yang baik. Kenyaman tersebut dapat kita raih dengan cara menjaga kebersihan lingkungan Sekolah. Yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan Sekolah adalah membuang sampah ke tempat sampah dan melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur. Dengan terciptanya lingkungan Sekolah yang bersih dan nyaman, maka siswa akan merasakan kenyamanan dalam kegiatan belajar, yang barang tentu juga akan meningkatkan kualitas belajar di Sekolah.
Kiranya cukup sekian yang dapat saya sampaikan.  Saya mohon maaf jika ada kesalahan tutur kata dan sikap yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian, akhir kata saya mengucapkan terima kasih.
OM Santhi, Santhi, Santhi, OM



Copyright by rizsamarunara

No comments:

Post a Comment